Informasi Kuliah di Malaysia

by FAZZAN POST

Bagi teman-teman yang punya komitmen kuliah di Malaysia, boleh memilih kampus-kampus berikut: UIA/IIUM, UM, UKM, UPM, UiTM, USM, UPSI, UNITEN dan beberapa kampus lainnya.

Namun dari sekian banyak kampus tersebut, saya sarankan agar anda memilih dua kampus saja, mana yang lebih cocok dengan anda.

Pertama adalah kampus International Islamic University Malaysia (IIUM) atau lebih dikenal dengan sebutan Universiti Islam Antarabangsa(UIA). Kampus ini menurut saya adalah kampus yang paling islami di Malaysia, dimana dosen dan mahasiswanya dari negara yang berbeda dan 99 % Muslim. Kampus ini menggunakan bahasa pengantarnya bahasa Arab dan English. Ini link resminya http://www.iium.edu.my/

Kedua adalah kampus Universiti Malaya. Kampus ini adalah kampus tertua di Malaysia yang telah berdiri secara resmi pada 1 Januari 1962 dan renking ke-156 di dunia pada tahun 2012. Kampus ini adalah salah satu kampus Research University yang lebih menekankan mahasiswa dan dosennya untuk melakukan penelitian, sehingga peluang-peluang mendapatkan beaiswa dan  bantuan lainya sangat besar. Ini link resminya http://www.um.edu.my

Syarat-syarat masuk:

International Islamic University Malaysia

S1 (Strata Satu):

  1. Isi form online, ketika  mengisi nomor  HP jgn pake plus(+), tapi cukup 62 saja. Ini form nya : http://itdportal.iium.edu.my/anr/Online07/application.html
  2. Photo warna 4 lembar ukuran paspor (bisa kirim soft nya aja ke email saya biar saya ”cuciin”)
  1. Photo copy pasport dan halaman Visa sampai 6 lembar mulai dari halaman pertama sampai halaman 15(cnth : halaman 4 dan 5 di anggap 1 halaman. walaupun halaman visa kosong, wajib d scan.
  2. Photo Copy Ijzah dan SKHU cop basah (legalisir) masing-masing 1 lembar / rapor dari kelas 1 sampai kelas 3 semester 1 bagi yang masih kelas 3 SMU dan sederajat.
  3. rekomendasi dari Kepala sekolah/ guru/ organisasi Islam dalam bahasa inggris 1 lembar utk s1,untuk s2 dan s3 : 2 rekomendasi(contoh ada sama saya)
  4. surat keterangan mampu Fotocopy Buku Bank atau minta ke bank (financial statement)
  5. Resit uang pendaftaran 100 Dolar Amerika yang telah di convert ke ringgit*
  6. Statement yang menyatakan mengapa ingin kuliah di IIUM (Contohnya ada sama saya)
  7. IELTS atau TOEFL kalau ada.
  8. Bagi yang mengambil jurusan kedokteran, harus memiliki surat sponsorship.

Biaya kuliah bisa di lihat di International  undergraduate untuk S1,di :

http://www.iium.edu.my/finance/services/available-services-0

S2 & S3:

  1. Mengisi formulir, download disini http://www.iium.edu.my/admissions/postgraduates
  2. Photowarna 4 lembar ukuran paspor (bisa kirim soft nya aja ke email saya biar saya cuciin )
  3. Photo copy pasport dan halaman Visa sampai 6 lembar (cnth : halaman 4 dan 5 di anggap 1 halaman.*walaupun halaman visa kosong, wajib d scan.
  4. Photo Copy Ijazah dan Transkrip Nilai(kalau ada terjemahannya dalam Bahasa Inggris dilampirkan saja).
  5. Rekomendasi dua orang dosen (contohnya ada sama saya)
  6. Surat keterangan mampu/ Fotocopy buku bank/Financial statement(contohnya juga ada)
  7. Resit uang pendaftaran 100 Dolar Amerika yang telah di convert ke ringgit*
  8. IELTS atau TOEFL kalau ada.

* Anda serius? lengkapi Semua dokumen, kemudian scan  dan  kirim ke  email saya : fazzan.ma@yahoo.com

* Biaya dalam tukaran Rupiah jika diminta bantu kepada saya untuk mendaftarkannya berkisar Rp. 1.800.000 hingga Rp. 2.000.000. (Biaya ini sudah termasuk Processing fee (USD 100) yang wajib dibayar ke IIUM, biaya administrasi seperti print, photo copy, biaya penukaran rupiah ke Ringgit, transportasi saya ke Bank & kampus, biaya komunikasi, konsultasi dan ujrah/jasa saya)….Maaf teman-teman, saya harus ambil sedikit biaya tambahan karena saya juga manusia bukan Malaikat yang memerlukan makan dan minum. Kalau anda tidak puas hati atau takut saya tipu, silakan datang sendiri ke Malaysia untuk mendaftarnya dan jangan hubungi saya.

-Untuk S2 dan S3 formulir dan biaya kuliah  bisa di download di :

http://www.iium.edu.my/admissions/postgraduates

Universiti Malaya

S2 & S3 Universiti Malaya

Syarat masuk Universiti Malaya khsususnya S2 dan S3 lebih mudah dan syaratnya juga lebih gampang, hanya Ijazah,Transkrip Nilai, Paspor, photo warna Ukuran Paspor, financial statement/bukti mampu membiayai kuliah seperti surat beasiswa(jika ada), surat/bukti pengalaman kerja yang berhubungan dengan jurusan yang dilamar (jika ada), hasil-hasil penelitian dan publikasi ilmiah (jika ada). Processing fee/uang pendaftarannya (kalau di Indonesia istilahnya uang formulir) yang harus dibayar ke kampus adalah 60 Dolar* Amerika (dulu hanya 50 dolar. Kenaikannya sejak 1 April 2015). Anda perlu bantuan saya,  karena sedang mengurus beasiswa? Jangan khawatir, Silakan scan dokumen tadi dan CV anda, kemudian kirim kepada saya via email, Insya Allah saya siap membantunya. 

NOTE:

– Informasi terbaru(18/1/2016) bahwa untuk masuk S2 dan S3 di Universiti Malaya mesti ada IELTS atau TOEFL KECUALI Akademi Pengajian Islam (IELTS atau TOEFL hanya sebagai syarat Convocation/wisuda). 

-Syarat untuk pendaftaran S2 & S3 by  research only mesti ada proposal.

Anda serius? lengkapi Semua dokumen, kemudian scan  dan  kirim ke  email saya : fazzan.ma@yahoo.com

* Biaya dalam tukaran Rupiah jika diminta bantu kepada saya untuk mendaftarkannya berkisar Rp. 1.800.000 hingga Rp. 2.000.000. (Biaya ini sudah termasuk Processing fee yang wajib dibayar ke UM, biaya administrasi seperti print, photo copy, komunikasi, konsultasi, biaya penukaran rupiah ke Ringgit, transportasi saya ke Bank & kampus dan ujrah/jasa).

* Format  Curriculum Vitte : memuat nama lengkap, tanggal lahir, status kawin/belum kawin, alamat lengkap tempat tinggal termasuk kode pos untuk surat menyurat, nomor telp, fax(jika ada), email. Selanjutnya dijelaskan juga pengalaman kerja (mulai kerja, terakhir kerja, nama tempat kerja, posisi dan tugas utama dalam pekerjaan tersebut). Terakhir diuraikan juga hasil-hasil penelitian, publikasi ilmiah dan penghargaan-penghargaan yang pernah anda buat dan dapatkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang syarat, biaya kuliah atau ada kendala dalam pendaftaran, silakan hubungi saya.

WhatsApp/Call

+6285260060068 (Nomor Indonesia). Nomor ini bisa menerima panggilan, SMS, dan Whatsapp.

+60176126234 (Nomor Malaysia). Nomor ini saya pakai ketika saya sedang berada di Malaysia. Nomor ini tetap aktif walaupun saya sedang di Indonesia dan bisa menerima panggilan dan SMS

Facebook                 :  fazzan.ma@yahoo.com (Feejjan MA) fazzan.zakaria@gmail.com (Fazzan Zakaria)

E-Mail                      :  fazzan.ma@yahoo.com

INSYA ALLAH KITA SIAP MEMBANTU ANDA! 

DEMI KEMAJUAN PENDIDIKAN DI NEGARA KITA

Advertisements