Cara Berbakti pada Orang Tua yang Telah Meninggal Dunia

by FAZZAN POST

Berbakti pada orang tua merupakan kewajiban setiap anak. Hanya saja, yang menjadi kendala ialah ketika kita telah kehilangan keduanya. Bagaimana cara kita berbakti kepada orang tua?. Berikut ada 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk berbakti pada orang tua yang telah wafat.

1. Mendoakan kedua orang tua

Doa merupakan cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal yang dapat dilakukan oleh seorang anak. Doa seorang anak yang shaleh dikatakan sebagai salah satu hal yang amat bermanfaat bagi orang tua. Oleh karena itu, sudahkah kita sisipkan doa untuk kedua orang tua kita yang sudah meninggal atau tiada di setiap sujud, shalat malam dan waktu-waktu yang mustajab dikabulkannya doa? Jika belum, hendaknya harus kita mulai membiasakan diri untuk melakukannya. Bukankah kita ingin membantu agar orang tua kita mendapatkan kebaikan di akhirat kelak?

2. Menunaikan nazar orang tua yang belum sempat terpenuhi

Nazar adalah janji seseorang yang wajib dipenuhi. Jika seseorang tidak sempat memenuhi nazarnya, maka kebaikan bagi ahli warisnya, atau anaknya dalam hal ini adalah memenuhi nazar yang belum dipenuhi oleh orang tuanya. Inilah hal lain yang dapat seorang anak lakukan sebagai cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal.

3. Bersedekah untuk orang tua

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang pahalanya amat besar. Jika orang tua kita telah meninggal, salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal adalah dengan bersedekah untuk mereka.

Itu saja barangkali beberapa 3 hal yang dapat seorang anak lakukan sebagai cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Tentu bukan merupakan satu batasan, ada hal lain yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan bakti kita kepada orang tua kita yang telah tiada seperti menyambung tali silaturahmi dengan kerabat dekat orang tua kita dan lain sebagainya.

Advertisements